Kisah Para Rasul 1:14
1:14 Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa
bersama-sama
1 , dengan beberapa perempuan
serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara
Yesus.
Kisah Para Rasul 2:1-4
Pentakosta
2:1 Ketika tiba hari Pentakosta
2 ,
semua orang percaya berkumpul
di satu tempat.
2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus
4 ,
lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain
5 ,
seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.
Kisah Para Rasul 4:31
4:31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah
tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus
6 ,
lalu mereka memberitakan firman Allah
dengan berani
7 .
Kisah Para Rasul 8:15
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.
Kisah Para Rasul 8:17
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka,
lalu mereka menerima Roh Kudus
8 .
1 Full Life: BERTEKUN DENGAN SEHATI DALAM DOA BERSAMA-SAMA.
Nas : Kis 1:14
Pengalaman Pentakosta senantiasa melibatkan tanggung jawab manusia.
Mereka yang membutuhkan pencurahan Roh agar berkuasa untuk melakukan
pekerjaan Allah harus menyerahkan dirinya kepada Roh Kudus lewat suatu
komitmen kepada kehendak Allah dan melalui doa (ayat Kis 1:4; 2:38;
Kis 9:11-17; bd. Yes 40:29-31; Luk 11:5-13; 24:49). Perhatikan
kesamaan-kesamaan di antara turunnya Roh Kudus atas Yesus dan turun-Nya
atas murid Yesus.
- 1) Roh Kudus turun ke atas mereka setelah mereka berdoa
(Luk 3:21-22; Kis 1:14; 2:4).
- 2) Ada kenyataan-kenyataan yang dapat dilihat dari Roh (Luk 3:22;
Kis 2:2-4).
- 3) Pelayanan Yesus dan para rasul baru dimulai setelah Roh Kudus turun
ke atas mereka (bd. Mat 3:16 dengan Mat 4:17; Luk 3:21-23 dengan
Luk 4:14-19; bd. Kis 2:14-47).
2 Full Life: PENTAKOSTA.
Nas : Kis 2:1
Hari Pentakosta merupakan hari raya terbesar yang kedua dalam tarikh
Yahudi. Peristiwa ini merupakan perayaan penuaian setelah panen gandum
ketika hulu hasil dipersembahkan kepada Allah (lih. Im 23:17).
Demikianlah hari Pentakosta bagi gereja melambangkan awal penuaian
jiwa-jiwa oleh Allah dalam dunia.
3 Full Life: TIUPAN ANGIN KERAS ... DAN ... LIDAH-LIDAH SEPERTI NYALA API.
Nas : Kis 2:2-3
Penyataan-penyataan lahiriah ini mempertunjukkan bahwa Allah hadir
dan bertindak dengan suatu cara yang luar biasa (bd. Kel 3:1-6;
1Raj 18:38-39). "Api" mungkin sekali melambangkan penyucian dan
pemisahan orang-orang percaya kepada Allah bagi pekerjaan memuliakan
Kristus (Yoh 16:13-14) dan bersaksi bagi Dia (Kis 1:8). Kedua
penyataan ini mendahului baptisan dalam Roh dan tidak diulang lagi di Kisah
Para Rasul.
4 Full Life: PENUHLAH MEREKA DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Kis 2:4
Apakah makna dari kepenuhan dengan Roh pada hari Pentakosta?
- 1) Itu berarti dimulainya penggenapan janji Allah dalam Yoel 2:28-29
untuk mencurahkan Roh-Nya atas semua manusia pada hari-hari terakhir
(bd. Kis 1:4-5; Mat 3:11; Luk 24:49; Yoh 1:33;
lihat cat. --> Yoel 2:28-29).
[atau ref. Yoel 2:28-29]
- 2) Karena hari-hari terakhir dari zaman akhir ini telah mulai (ayat
Kis 2:17; bd. Ibr 1:2; 1Pet 1:20) semua orang diperhadapkan
dengan tantangan untuk menerima atau menolak Kristus, (Kis 3:19;
Mat 3:2; Luk 13:3;
lihat cat. --> Kis 2:17).
[atau ref. Kis 2:17]
- 3) Para murid "diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi"
(Luk 24:49; bd. Kis 1:8), yang menyanggupkan mereka bersaksi
untuk Kristus, menginsafkan orang akan dosa, kebenaran dan penghakiman
Allah sehingga mereka berbalik dari dosa kepada keselamataan dalam
Kristus (bd. Kis 4:13,33; 6:8; Rom 15:19;
lihat cat. --> Kis 1:8;
lihat cat. --> Yoh 16:8).
[atau ref. Kis 1:8; Yoh 16:8]
- 4) Roh Kudus menyatakan sifat-Nya sebagai Roh yang rindu dan berusaha
demi penyelamatan orang dari setiap bangsa. Mereka yang menerima
baptisan dalam Roh dipenuhi dengan kerinduan yang sama demi penyelamatan
umat manusia (ayat Kis 2:38-40; 4:12,33; Rom 9:1-3; 10:1). Jadi, hari
Pentakosta merupakan awal dari penginjilan dunia (ayat
Kis 2:6-11,39; Kis 1:8).
- 5) Para rasul menjadi pelayan Roh. Mereka bukan hanya memberitakan
Yesus yang disalibkan dan dibangkitkan, menuntun orang lain kepada
pertobatan dan iman kepada Kristus, tetapi mereka juga mempengaruhi
orang-orang bertobat untuk menerima "karunia-karunia Roh Kudus" (ayat
Kis 2:38-39) yang sudah mereka terima pada hari Pentakosta. Hal
menuntun orang lain untuk menerima baptisan Roh Kudus adalah kunci karya
rasuli dalam PB (lih. Kis 8:17; 9:17-18; 10:44-46; 19:6).
- 6) Lewat baptisan dalam Roh ini para pengikut Kristus menjadi
orang-orang yang melanjutkan karya Kristus dalam dunia ini. Dalam kuasa
Roh Kudus, mereka terus melakukan dan mengajarkan hal-hal yang sama
"yang dikerjakan dan diajarkan Yesus" (Kis 1:1;
lihat cat. --> Yoh 14:12;
[atau ref. Yoh 14:12]
lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).
5 Full Life: MULAI BERKATA-KATA DALAM BAHASA-BAHASA LAIN.
Nas : Kis 2:4
Untuk pembahasan tentang berbahasa roh pada hari Pentakosta dan
dalam gereja, serta kemungkinan adanya bahasa roh palsu,
lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH.
6 Full Life: MEREKA SEMUA PENUH DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Kis 4:31
Beberapa kebenaran penting menonjol di sini.
- 1) Istilah "dibaptiskan dengan (atau dalam) Roh Kudus"
(lihat cat. --> Kis 1:5)
[atau ref. Kis 1:5]
menguraikan karya Roh Kudus yang mengabdikan orang percaya ketika
menuntunnya ke dalam kuasa ilahi untuk bersaksi. Istilah "penuh",
"diselimuti", dan "diberi kuasa" menunjukkan kepada perlengkapan yang
diberi Roh Kudus untuk pelayanan (Kis 2:4; 4:8,31; 9:17; 13:9,52).
Sebagaimana diperlukan, "kepenuhan" ini dapat diulangi.
- 2) Istilah "mencurahkan Roh" (Kis 2:17-18; 10:45), "menerima
karunia Roh Kudus" (Kis 2:38; 8:15), "Roh Kudus turun ke atas"
(Kis 8:16; 10:44; 11:15; 19:6) merupakan ungkapan-ungkapan yang
berbeda tentang peristiwa ketika orang percaya "penuh dengan Roh Kudus"
(Kis 2:4; 4:31; 9:17).
- 3) Semua orang percaya, termasuk para rasul yang telah dipenuhi
sebelumnya (Kis 2:4), kini dipenuhi kembali untuk menghadapi
perlawanan yang terus-menerus dari golongan Yahudi (ayat Kis 4:29).
Kepenuhan kembali dengan Roh Kudus merupakan bagian dari kehendak dan
persediaan Allah bagi semua orang yang telah menerima baptisan dalam Roh
Kudus (bd.
lihat cat. --> Kis 4:8;
lihat cat. --> Kis 13:52).
[atau ref. Kis 4:8; 13:52]
Kita harus mengharapkan dan mencari kepenuhan kembali ini.
- 4) Roh Kudus di sini mengunjungi seluruh jemaat. Karena itu, untuk
memenuhi kehendak Allah untuk gereja, yang dipenuhi bukan saja
perseorangan (ayat Kis 4:8; 9:17; 13:9), namun seluruh jemaat
(Kis 2:4; 4:31; 13:53) harus meng-alami berbagai kunjungan Roh Kudus
apabila terjadi kebutuhan dan tantangan khusus.
- 5) Gerakan Allah di atas seluruh jemaat dengan kepenuhan Roh Kudus yang
baru menghasilkan keberanian dan kuasa dalam bersaksi, saling mengasihi
dan kasih karunia berlimpah bagi semuanya.
7 Full Life: MEMBERITAKAN FIRMAN ALLAH DENGAN BERANI.
Nas : Kis 4:31
Kuasa Roh Kudus yang ada di dalam batin dan realitas kehadiran Allah
yang dihasilkan dari kepenuhan Roh membebaskan orang percaya dari ketakutan
terhadap orang lain dan meningkatkan keberanian dalam memberitakan Firman
Allah.
8 Full Life: MEREKA MENERIMA ROH KUDUS.
Nas : Kis 8:17
Lewat penumpangan tangan, orang-orang Samaria menerima Roh Kudus
dengan cara sama seperti baptisan dalam Roh Kudus yang terjadi pada hari
Pentakosta (Kis 1:8; 2:4).
"Dua tahap" pengalaman orang Samaria ini -- yaitu, percaya dahulu dan
kemudian dipenuhi dengan Roh Kudus -- menunjukkan bahwa pengalaman "dua
tahap" orang percaya pada hari Pentakosta tidak abnormal. Baik pengalaman
Paulus dalam Kis 9:5-17 maupun murid-murid di Efesus dalam
Kis 19:1-6 adalah sama seperti orang Samaria ini. Mereka menerima Yesus
Kristus sebagai Tuhan dan kemudian mereka dipenuhi dengan Roh Kudus. Akan
tetapi, selang waktu di antara keselamatan dan kepenuhan Roh Kudus tidak
perlu lama seperti dipertunjukkan mereka yang ada di Kaisarea (pasal
Kis 10:1-48).